Inilah Posisi Paling Efektif Memasang Banner Iklan di Website

Iklan sidebar atau juga yang dikenal dengan skyscraper ad, adalah iklan yang dipasang di halaman web atau blog dengan posisi vertikal. Karena posisinya yang vertikal, tinggi sidebar ad bisa mencapai 600 px atau lebih, dan lebarnya biasanya 120 px.

Sidebar ad memiliki pengaruh yang lebih dibandingkan banner ad (iklan dengan posisi horisontal), setidaknya karena 2 alasan:

  • Iklan sidebar yang tinggi memiliki ukuran dua sampai tiga kali lebih besar daripada banner horisontal.
  • Karena orientasi sidebar ad yang tinggi, bukan melebar, iklan akan tetap terlihat meskipun pengunjung web atau blog menggeser halaman ke bawah.

Oleh karena itu, iklan sidebar memiliki branding power dan click-through rate (CTR) yang lebih tinggi dibandingkan banner ad dengan posisi horisontal. Sidebar ad biasanya memiliki CTR sebesar 1% (10 klik per 1000 impresi), atau 2 sampai 3 kali lebih besar daripada banner ad biasa. Untuk setiap 1000 impresi, pengiklan akan dikenai tarif sebesar $1.00 hingga $1.50.

google adsense heatmap

Google Adsense Heatmap

Di internet, ada beberapa cara untuk mengetahui seberapa efektifnya posisi dari sebuah iklan. Salah satunya adalah sebuah terobosan yang ditawarkan perusahaan mesin pencari terbesar di dunia saat ini; Google Adsense Heat Map. Di dalam peta ini, terlihat bahwa posisi iklan yang paling efektif adalah di bagian atas dan kiri atas halaman web. Hal ini dimungkinkan karena:

  • Manusia terbiasa membaca mulai dari bagian atas, dari sebelah kiri ke kanan. Dengan memasang iklan di posisi atas atau kanan atas, iklan akan langsung terlihat dari pertama kali pengunjung masuk ke halaman situs.
  • Tidak mengganggu navigasi. Biasanya tombol-tombol navigasi di dalam situs diposisikan di bagian atas atau kanan halaman situs. Itu dikarenakan banyak orang menggunakan mouse untuk bernavigasi dengan tangan kanan (termasuk orang yang kidal). Penempatan tombol-tombol navigasi di sebelah kanan akan lebih memudahkan pengunjung situs, secara otomatis iklan diposisikan di sebelah kiri.

Cara Membuat Banner Iklan yang Efektif

Terkadang menjalankan sebuah kampanye iklan bisa sangat membuat frustrasi. Orang-orang tidak suka suka iklan apalagi harus mengklik-nya, terlebih lagi ada ratusan aplikasi diluar sana yang bisa menghilangkan iklan sekaligus.Artinya, pengiklan harus lebih kreatif dalam menyampaikan produknya.

Banner iklan adalah bentuk tradisional dari iklan digital. Trik yang bisa kamu lakukan adalah membuat iklanmu menarik untuk dilihat calon konsumen. Berikut adalah cara agar iklan-mu terlihat lebih menarik dan lebih efektif untuk bisnis yang sedang kamu jalankan.

  1. Ketahui Ukuran yang Paling Pas

Banner iklan memiliki beberapa standar dimensi dan ukuran, tergantung di mana kamu akan menempatkannya di halaman situs. Google Adsense mengurutkan beberapa banner iklan sesuai dengan efektifitas dan ukurannya, yaitu:

  • Leaderboard: 728×90 px
  • Half-Page: 300×600 px
  • Large Rectangel: 300×280 px
  • Medium Rectangle: 200×250 px
  • Large Mobile Banner: 320×100 px

Pilihlah ukuran yang paling pas untuk iklan kamu. Jika iklanmu lebih banyak menampilkan teks, pilihlah ukuran yang besar agar mudah untuk dibaca.

ukuran banner website

  1. Jangan Remehkan CTA

Call to Action atau singkatnya CTA adalah kalimat yang digunakan untuk mengajak pengunjung melakukan apa yang kamu ingin mereka lakukan. Pasti kamu sering melihat CTA di beberapa situs yang kamu kunjungi. Beberapa contohnya; “Visit Us”, “Learn More”, “Buy Now”, dan lain sebagainya.

Terlihat sepele, namun studi menunjukan bahwa dampak dari CTA kepada calon konsumen sangatlah besar. Jika terlihat secara berulang-ulang, secara tidak sadar orang akan mengingat CTA yang kita gunakan dan melakukan seperti apa yang kita minta.

  1. Buat Sesederhana Mungkin

Iklan yang terlalu ramai hanya akan membingungkan pengunjung situs. Sebagai referensi, lihat situs judi bola mahabet.org. Situs ini tidak memasang terlalu banyak iklan karena hanya akan mengaburkan tujuan utama dari situs itu sendiri. Oleh karena itu, jika kamu ingin iklanmu terlihat menarik, buatlah sesederhana mungkin tapi dapat dimengerti dengan jelas.

Scroll to Top