Peralatan Wajib untuk Vlogger Pemula

Video blog atau yang lebih dikenal dengan vlog menjadi tren anak muda masa kini. Rasanya belum bisa dibilang anak keren kalau belum punya channel Youtube yang isinya vlog pribadi. Buat kamu yang masih gak ngerti dengan apa itu vlog, aku jelasin dulu ya. Pernah dengar kata blog? Yup, blog adalah media online di mana kita bisa sharing apa pun bahkan tentang kehidupan pribadi dalam bentuk tulisan dan dibagikan kepada publik. Sedangkan vlog merupakan konten digital yang menggunakan visual dan audio yaitu video yang saat ini banyak kita temukan di Youtube.

Kalau kamu pernah dengar nama-nama seperti Andovi da Lopez, Arief Muhammad, dan Aaron Shahab, nah, mereka adalah beberapa orang yang sukses dengan vlognya. Bahkan Presiden Jokowi dan anaknya Kaesang juga gak mau kalah ikut eksis lewat vlog, lho!

peralatan ngevlog standar

Aku mulai berguru lewat channel mereka saat ingin memulai vlog sehingga konten-konten vlogku lebih berwarna. Ada banyak macem vlog. Dari sekian jenis itu, aku memilih tema traveling dan kuliner  yang ga jauh-jauh dari hobiku. Durasi vlogku pun gak panjang-panjang, cukup 15 menit, karena aku dah keabisan kata-kata mau ngomong apa lagi. Ya, wajarlah, karena sebenarnya aku ini introvert lho! Tapi karena aku juga gadget freak, aku berani-beraniin deh diri tampil di depan kamera. Tapi, menurut para senior vlog, memang sebaiknya ga usah berpanjang-panjang. Supaya penonton ga bosen dan ngabisin waktu berharga mereka.

Ga mudah lho, menarik perhatian penonton. Jadi, vlog itu bisa dibilang rumit dan gak sekedar ngomong di depan kamera. Aku butuh waktu mulai dari mikirin konsep, pengambilan gambar, sampai ngedit video pun aku kerjain sendiri.

Selain itu, aku sudah berhasil membuat vlog yang bisa menghasilkan uang lho! Bingung ya? Caranya, aku menyisipkan iklan di channel Youtubeku dengan Adsense dari Google. Dengan program inilah aku bisa membuat vlogku menjadi mesin penghasil uang. Ini cuma bisa terjadi kalo vlogku banyak viewer dan subscribernya. Sehingga sudah pasti aku harus semakin kreatif dan inovatif untuk membuat vlog yang menarik dan ditonton oleh banyak viewer.

Untuk membuat konten kreatif dan terkenal, aku juga melengkapi diriku dengan peralatan perang standar ala  vlogger, seperti di bawah ini:

  1. Kamera

Ini adalah peralatan wajib. Sebagian dari kamu jadi mikir “Wah, butuh budget besar dong, ya”. Tenang aja, aku juga gak pakai dslr atau mirrorless kok waktu awal-awal mulai ngevlog. Kamera handphoneku dengan kamera 8 mp nya sudah memadai untuk ambil video dengan resolusi yang lumayan besar.

  1. Microphone

Wah, kalo ga ada ini agak-agak repot ya! Peralatan ini ga kalah penting dengan kamera. Apalagi buat aku yang hobi ambil video outdoor sesuai dengan tema channelku. Ya, penting banget punya microphone ini. Percuma kalo hasil gambarnya bagus tapi suaranya tidak jernih alias banyak noise. Sehingga aku milih pake clip on yang praktis dipake dan di kantong, hehee…..

handphone camera stabilizer

  1. Camera stabilizer

Apa pula ini? Buat pemula alat ini pasti terdengar asing. Alat ini digunakan untuk meminimalisir guncangan saat merekam sehingga hasil video akan terlihat professional dengan gambar yang stabil. Apalagi tema vlogku yang biasanya dilakukan sambil berjalan kaki atau naik kendaraan umum.

  1. Laptop

Setelah didapat video yang oke, tetap harus diedit. Untuk itu aku pakai laptop untuk mengedit video tersebut. Dengan software edit video gratisan seperti Windows Movie Maker, Openshot, Shotcut, WeVideo, dan sebagainya. Buat aku, yang nyaman dan mudah dioperasikan ya Windows Movie Maker. Cukuplah untuk saat ini.

Selain peralatan perang di atas, aku juga selalu menyediakan koneksi internet yang stabil. Jangan sampe, lagi upload video, jaringan terputus yang bikin aku harus upload ulang.  Jangan lupakan juga kuota internet yang cukup dan high speed yang sudah berjasa membuat pekerjaanku di dunia maya cepat dan efektif. Dengan uraian informasi di atas, sudah siap bikin vlog dan menjadi bagian dari vlogger?

Scroll to Top